Cara Menghindari Komplikasi Penyakit Kencing Manis

Risiko untuk mengalami komplikasi meningkat pda penderita penyakit tertentu, salah satunya penyakit kencing manis. Karena itu, Anda sebaiknya mengetahui cara menghindari komplikasi penyakit kencing manis guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Saat penderita kencing manis atau diabetes melitus mengalami komplikasi, kondisi kesehatan mereka dapat semakin menurun setiap harinya apabila tidak segera ditangani.

Cara Menghindari Komplikasi Penyakit Kencing Manis

Beberapa penyakit yang umumnya menjadi bagian dari komplikasi penyakit kencing manis atau diabetes:

  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kerusakan Neuropati (Saraf) kaki dan tangan
  • Kerusakan pada mata
  • Disfungsi seksual, baik pada pria maupun wanita
  • Kerusakan pada ginjal
  • Luka yang sulit kering dan bisa berubah menjadi gangren (luka yang memburuk dan berisiko untuk di amputasi)

Melihat dari penyakit di atas yang dapat menyertai penyakit kencing manis, bukanlah penyakit sembarangan. Kesemuanya berpotensi menyebabkan kondisi yang lebih buruk, bahkan kematian.

Maka dari itu, sebelum terlambat, Anda sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasi penyakit kencing manis yang Anda derita.

Pengobatan kencing manis yang dilakukan sedini mungkin dapat menyelamatkan hidup Anda dan meningkatkan peluang untuk pulih kembali.

Apakah Ada Cara Menghindari Komplikasi Penyakit Kencing Manis atau Diabetes?

Tidak perlu khawatir. Seperti pepatah yang mengatakan “mencegah lebih baik dari mengobati”, komplikasi kencing manis atau diabetes melitus di atas juga bisa di cegah dan di hindari.

Caranya?

Dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1) Makanan yang akan Anda konsumsi

Sangat penting sekali untuk penderita kencing manis memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi, termasuk membatasi karbohidrat dan gula guna mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

2) Memantau gula darah harian Anda

Lakukan pemeriksaan kadar gula darah secara berkala. Pemeriksaan tersebut juga dapat membantu Anda melihat bagaimana makanan dan kegiatan sehari-hari Anda mempengaruhi kadar gula darah.

3) Istirahat dan tidur dengan cukup

Sangat penting bagi Anda untuk istirahat dengan cukup dan tidur minimal 7-8 jam perhari. Anda pasti belum tahu fakta mengenai tidur yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makan makanan tinggi karbohidrat, kan? Maka dari itu, untuk menghindari komplikasi penyakit kencing manis, Anda harus beristirahat dengan cukup, ya!

4) Mengelola stres

Mengelola kadar stres Anda menjadi salah satu bagian dari cara menghindari komplikasi penyakit kencing manis, lho. Pasanya, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Tentu saja, hal ini akan berimbas pada gula darah Anda.

Cara Menghindari Komplikasi Penyakit Kencing Manis

Ilustrasi Gambar Olahraga Untuk Menghindari Komplikasi Diabetes – Sumber : Google Image

5) Tetap melakukan olahraga

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga. Selain mengurangi stres, berolahraga juga dapat membantu Anda menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, koletserol tinggi dan hipertensi. Artinya, dengan melakukan olahraga, Anda bisa menghindari risiko terjadinya komplikasi kencing manis.

Tidak perlu yang ekstrim, kok. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan, seperti bersepeda, berjalan kaki, berenang atau jogging mengelilingi taman komplek setiap pagi. Minimal dilakukan 3 kali seminggu. Apabila Anda khawatie, Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter yang menangani Anda.

6) Berhenti merokok

Anda harus tahu, bahwa penderita kencing manis atau diabetes yang merokok memiliki risiko kematian 3 kali lebih tinggi karena penyakit jantung apabila dibandingkan dengan pasien yang tidak merokok.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya segera menghentikan kebiasaan merokok yang Anda lakukan selama ini. Ingat, semuanya demi kesehatan Anda.

7) Apabila diperlukan, turunkan berat badan Anda

Penderita kencing manis dengan masalah obesitas juga harus mempertimbangkan untuk menurunkan berat badan sampai akhirnya mendapatkan berat yang ideal guna menghindari komplikasi penyakit diabetes.

Prinsipnya, bakarlah kalori lebih banyak daripada kalori yang Anda konsumsi.

8) Rawatlah luka lebam maupun luka-luka tertentu pada tubuh Anda

Anda penderita kencing manis memiliki risiko infeksi dan kemampuan menyembuhkan luka yang lambat. Maka dari itu, untuk menghindari komplikasi berupa gangren, Anda benar-benar harus memperhatikan setiap luka yang Anda dapatkan, termasuk luka lebam. Gunakan juga krim pelembab sehingga kulit kaki tidak pecah-pecah.

9) Kunjungi dokter Anda secara berkala

Cara mencegah komplikasi penyakit kencing manis lainnya adalah dengan melakukan konsultasi berkala dengan dokter Anda sekitar 2-4 kali per tahunnya. Jika Anda menggunakan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, mungkin Anda perlu konsultasi lebih sering lagi.

Jadwalkan juga untuk melakukan medical chec-up secara berkala untuk memantau kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata, jantung dan ginjal.

10) Konsumsi QnC Jelly Gamat

Untuk mencegah terjadinya komplikasi sekaligus mengobati penyakit kencing manis atau diabetes melitus yang Anda derita, Anda bisa menggunakan QnC Jelly Gamat sebagai solusinya.

Khasiat lengkapnya bisa di baca pada artikel berikut : Obat Tradisional Kencing Manis

Format Pesan:

Ketik kode pesannya ( QNA ) # Jumlah Pesannya # Nama Lengkap # Alamat Lengkap Anda # No HP/Tlp

Kirimkan Ke : 0813.1305.6955 ( SMS/WhatsApp )

INGAT!! Kode pesan produknya ( QNA ) harus dicantumkan agar obat yang Anda pesan tidak tertukar.

Demikianlah informasi mengenai cara menghindari komplikasi penyakit kencing manis atau diabetes melitus di atas kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu kesembuhan Anda.

Posted By : Obat Tradisional Hipertensi

One Comment

Leave a Reply