FATAL! 7 Gejala Penyakit Malaria Ini Tidak Boleh Diabaikan

Tahu tidak? Beberapa gejala penyakit malaria seringkali diabaikan karena dianggap sebagai gangguan kesehatan biasa. Bahkan, beberapa diantaranya mirip seperti gejala flu.

Padahal, mengabaikan gejala yang muncul akibat penyakit maria bisa berakibat fatal, lho. Pasalnya, penyakit malaria sendiri harus segera mendapatkan pengobatan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Gejala Penyakit Malaria

Copyright : HealthPrep.com

Malaria sendiri termasuk penyakit yang mengancam jiwa. Penyebabnya adalah parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Parasit yang masuk ke dalam tubuh biasanya berkembang di organ liver.

Jika tidak segera diatasi, parasit yang menyebabkan penyakit malaria ini bisa menghancurkan sel darah merah. Kendati demikian, dengan pengobatan malaria yang dilakukan sedini mungkin bisa mencegah kondisi terburuk dan meningkatkan peluang untuk sembuh.

Dan, agar pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin, Anda perlu mengetahui gejalanya. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai gejala penyakit malaria yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya.

Semoga bermanfaat, ya 🙂

FATAL! 7 Gejala Penyakit Malaria Ini Tidak Boleh Diabaikan

Gejala umumnya muncul setelah masa inkubasi. lama waktu munculnya gejala dari pertama kali digigit oleh nyamuk tergantung dari jenis parasitnya. Yakni, antara 1-2 minggu untuk jenis Plasmodium falciparum dan sekitar 2-3 mingguan untuk jenus Plasmodium vivax.

Apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala penyakit malaria di bawah ini, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk tes darah guna mendapatkan penanganan sesegera mungkin untuk menghindari kondisi terburuk.

Beberapa tanda awal atau gejala malaria yang perlu Anda waspadai kehadirannya dan tidak boleh diabaikan ini meliputi:

1. Demam tinggi

Demam merupakan gejala paling umum dari berbagai gangguan kesehatan, terutama infeksi. Nah, pada malaria, demam terjadi antara 3 hari sampai semingguan dan demamnya tidak mudah diturunkan, meskipun sudah memberikan antibiotik atau obat penurun panas.

Pada beberapa kasus, demam tinggi yang terjadi pada penderita malaria membuat pasien mengingau sampai kejang-kejang.

2. Pusing dan sakit kepala

Gejala umum penyakit malaria yang sering diabaikan lainnya adalah rasa pusing dan sakit kepala. Pada penyakit malaria, sakit kepala atau pusing ini muncul mengiringi demam. Sakit kepala ini juga biasanya terasa lebih berat dan terjadi secara terus menerus.

3. Nyeri otot dan persendian serta pegal-pegal

Gejala malaria yang juga tidak boleh diabaikan adalah nyeri pada otot dan persendian. Anda juga perlu waspada ketika badan Anda terasa pegal-pegal. Bahkan, gejala ini bisa dirasakan penderita malaria sebelum timbul gejala lain, terutama saat Anda mengalami kekambuhan malaria.

4. Berkeringat dingin

Selain demam dan sakit kepala, gejala utama penyakit malaria ini adalah keringat dingin. Kondisi ini disebabkan oleh pecahnya sel darah merah.

5. Mual dan muntah

Kondisi lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah rasa mual dan muntah-muntah. Selain sebagai efek atau reaksi dari penyebaran parasit ke salauran pencernaan, kondisi ini juga bisa muncul karena demam tinggi, efek dari obat yang dikonsumsi, dan adanya tekanan pada lambung atau ulu hati.

6. Lemah dan kelelahan

Penderita malaria juga bisa mengalami kelelahan dan badan lemah. Selain itu, wajah penderita malaria juga terlihat lebih pucat sebagai akibat dari kurangnya sel darah merah.

7. Menurunnya nafsu makan

Kondisi ini bisa jadi efek dari gejala-gejala yang muncul. Sehingga, membuat penderita malas makan. Padahal, tubuh membutuhkan asupan makanan yang kaya gizi dan nutrisi untuk membantu proses pemulihan.

Gejala Penyakit Malaria Lainnya

Selain 7 gejala di atas, Anda juga tidak boleh menyepelekan gejala malaria lainnya yang meliputi:

  • Diare dengan tinja yang encer
  • Sesak napas
  • Dehidrasi
  • Anemia
  • Mimisan
  • Muncul bintik merah pada kulit
  • Sakit perut
  • Sulit berkonsentrasi
  • Batuk kering
  • Kejang
  • Gangguan kesadaran hingga koma
  • BAB (buang air besar) berdarah
  • Jaundice

Kenali gejala anemia di atas dan jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan. Pengobatan malaria yang dilakukan sedini mungkin dapat menyelamatkan penderita dari kondisi yang lebih parah.

Mungkin Anda butuh ini : Obat Malaria Alami (yang ampuh dan aman untuk anak-anak, ibu hamil, dan lansia)

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas. Semoga, dengan Anda tahu gejala penyakit malaria, Anda bisa melakukan tindakan sedini mungkin dna terhindar dari kondisi yang lebih parah.

SALAM SEHAT dan SEMOGA LEKAS SEMBUH

Jangan lupa bantu share jika informasi ini dirasa penting untuk diketahui orang lain 🙂

Gejala Penyakit Malaria Ini Tidak Boleh Diabaikan

One Comment

Leave a Reply