Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung

Pastikan jantung Anda tetap sehat agar terhindar dari penyakit jantung dikemudian hari. Dan, sebaiknya Anda juga tahu beberapa kebiasaan yang dapat merusak jantung yang mungkin tanpa Anda sadari sering dilakukan.

Pasalnya, memang ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin tanpa Anda ketahui memiliki dampak buruk untuk kesehatan jantung. Sehingga, dapat meningkatkan risiko terkena gangguan jantung.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung

Sayangi jantung Anda!

Maka dari itu, di sini kami akan memberikan informasi tersebut, mengenai kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

Beberapa Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung yang Perlu Anda Tahu

Saya yakin, setiap orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari gangguan jantung, apapun bentuknya. Namun, seringkali kita mengabaikan hal kecil yang dianggap sepela padahal bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan jantung.

Sebut saja merokok. Rokok tembakau maupun vape sama-sama dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan jantung Anda.

Kandungan di dalam rokok tidak hanya dapat membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi, tapi juga dapat meningkatkan pembekuan darah. Kondisi yang membuat aliran darah ke jantung terhambat.

Berhenti merokok dapat membantu Anda mengurangi risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain rokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga ternyata termasuk kebiasaan yang dapat merusak jantung, lho. Selain memicu kerusakan jantung, mengonsumsi alkohol berisiko meningkatkan tekanan darah dan lemak dalam darah.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung Lainnya

Stres, cemas, dan perasaan tertekan juga tidak baik, lho, untuk kesehatan jantung Anda. Adrenalin yang dilepaskan saat tubuh mengalami stres dapat memengaruhi fungsi jantung. Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk mengelola stres.

Terlalu banyak atau terlalu sering mengalami stres juga bisa mempengaruhi pembuluh darah di jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung

Terlalu banyak diam dan minim aktivitas fisik salah satu kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung (Copyright : Google Image)

Selain stres, kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung tanpa disadari juga meliputi:

  • Konsumsi garam atau makanan asin, termasuk chips berlebih
  • Kurang memperhatikan dan menjaga kebersihan mulut, termasuk gusi dan gigi di dalamnya
  • Terlalu lama duduk, baik saat menonton televisi, bermain gadget dan sebagainya
  • Minim melakukan aktivitas fisik
  • Jangan atau bahkan tidak pernah berolahraga
  • Kurang bersosialisasi dan lebih banyak menghabiskan waktu sendirian

Selain itu, jika Anda memiliki kebiasaan begadang atau memiliki jam tidur yang tidak menentu, sebaiknya mulai di ubah. Tidurlah minimal 7 sampai 8 jam sehari untuk membantu mengoptimalkan regenerasi yang dilakukan jantung.

Di kutip dari situs okezone, kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan kortisol dan adrenalin meningkat. Dampaknya terhadap kesehatan jantung hampir sama dengan yang disebabkan oleh stres.

Nah, demikianlah informasi mengenai kebiasaan yang dapat merusak jantung yang mungkin masih sering Anda lakukan tanpa Anda tahu dampaknya bagi jantung Anda.

Saya harap, dengan Anda mengetahui kebiasaan yang mempengaruhi kesehatan jantung di atas, Anda bisa terhindar dari penyakit ini, ya.

Agar jantung Anda tetap sehat, selain mengurangi kebiasaan di atas, Anda juga sebaiknya mulai berolahraga dan merubah gaya hidup Anda secara keseluruhan, termasuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang merupakan makanan untuk menjaga kesehatan jantung.

SALAM SEHAT

Kebiasaan yang Dapat Merusak Jantung

Leave a Reply