Minuman dan Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari Penderita Kanker Kulit Melanoma

Minuman dan Makanan Pemicu Kanker – Makanan sehat juga bisa jadi sumber masalah kalau di olah dengan cara yang salah, lho. Maka dari itu, penderita kanker harus benar-benar mempehatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Anda tahu popcorn? Itu salah satu contoh makanan pemicu kanker. Loh, kok, bisa? Gimana ceritanya popcorn jadi makanan nggak sehat?

Makanan Pemicu Kanker

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan di Amerika sana, diketahui bahwa popcorn yang dimasak dengan menggunakan microwave bisa memicu kanker, termasuk kanker kulit melanoma.

Karena, kantung popcorn yang digunakan untuk menampung jagung bakal popcorn sendiri mengandung asam perfluorooctanoic atau PFOA yang mana PFOA tersebut dapat menempel pada biji popcorn.

Pun dengan popcorn kemasan yang menggunakan zat kimia jenis diacetyl untuk aromanya.

Nah, selain popcorn, masih ada lagi beberapa minuman dan makanan pemicu kanker yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda, apalagi Anda penderita kanker, termasuk penderita kanker kulit melanoma.

Minuman dan Makanan Pemicu Kanker

Selain memang bersifat karsinogen (merangsang pertumbuhan sel kanker), minuman dan makanan di bawah ini juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Maka dari itu, ada baiknya Anda untuk menghindari atau mengurangi intensitas dan porsi saat mengonsumsi makanan ini. Apalagi, Anda yang memang sudah terdiagnosis menderita penyakit kanker, seperti kanker kulit melanoma atau kanker lainnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis minuman dan makanan pemicu kanker yang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu selain popcorn yang sudah dijelaskan di atas.

Daftar Beberapa Minuman dan Makanan Pemicu Kanker

Makanan Pemicu Kanker

1. Alkohol

Kita mulai dari minuman. Yang pertama adalah alkohol. Dalam bentuk apapun, entah vodka, wine, tuak, dan sejenisnya tidak boleh Anda konsumsi.

Selain dapat memicu perkembangan sel kanker, minuman beralkohol dapat merusak sel-sel saraf dan organ di dalam tubuh serta fungsinya, termasuk otak dan liver.

2. Soft drink / Minuman Berkarbonasi

Jika Anda penikmat soda dan minuman ringan lainnya, maka Anda harus hati-hati. Minuman jenis ini tidak hanya bersifat karsinogen yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita kanker, tapi juga tinggi gula sukrosa yang tida bagus untuk tekanan darah dan kadar glukosa Anda.

3. Makanan yang Di Panggang / Bakar

Sate dan steak adalah salah satu jenis makanan enak yang berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Anda masih boleh, kok, memakannya. Hanya saja, jangan terlalu sering dan hindari memakan bagian yang gosongnya.

Karena, bagian yang gosong itulah yang brsifat karsinogenik atau dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu juga, sate, steak, dan makanan sejenisnya, termasuk sosis bakar termasuk dalam daftar makanan pemicu kanker.

4. Daging Olahan

Sosis, ham, kornet memang enak, apalagi sosis panggang. Namun, dibalik rasa nikmat tersebut, terdapat bahaya yang bisa mengancam jiwa. Yakni “MEMICU KANKER”.

Hal ini karena, di dalam daging olahan tersebut terdapat sodium nitrit dan sodium nitrat yang merupakan bahan pengawetnya. Kedua senyawa tersebut telah terbukti erat kaitannya dengan kemunculan kanker usus dan kanker lainnya.

Makanan Pemicu Kanker Lainnya

Selain 4 jenis makanan di atas, masih ada beberapa jenis makanan pemicu kanker lainnya yang menjadi pantangan untuk pederita kanker kulit melanoma dan kanker lainnya.

Makanan Pemicu Kanker

Copyright : google image

Makanan-makanan tersebut meliputi:

  • Makanan siap saji yang mengandung garam dan lemak tinggi, seperti burger, pizza, dan lainnya
  • Buah, sayur, dan daging kemasan dalam kaleng, termasuk jus kemasan
  • Makanan yang mengandung gula olahan, seperti pai, cake, saus, dan lainnya
  • Penggunaan tepung putih olahan yang tentu saja mengandung karbohidrat lebih tinggi dan dapat menyuburkan pertumbuhan sel kanker
  • Ikan salmon yang diternakkan
  • Aneka gorengan, apalagi yang menggunakan minyak curah
  • Chips dan makanan ringan kemasan lainnya
  • Keripik dan kentang goreng
  • Buah dan sayur yang tercemar pestisida
  • Makanan yang diasinkan, diasap, atau acar sintetis
  • Minuman dan makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Saus tomat kalengan
  • Buah dan sayuran yang tidak dicuci. Karena, kebanyakan buah maupun sayur yang dijual di supermarket maupun pasar swalayan menggunakan pestisida

Cukup banyak ternyata makanan yang bisa memicu perkembangan sel kanker. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mengonsumsi makanan di atas. Namun, benar-benar harus dibatasi.

Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging yang bebas lemak, sayuran dan buah organik juga lebih disarankan meskipun harganya jauh lebih mahal.

Bagi Anda penderita kanker, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan di atas sama sekali guna membantu memaksimalkan proses pengobatan yang sedang dijalani.

Baca Juga : Pengobatan Kanker Kulit Melanoma

Terima kasih banyak kami ucapkan telah meluangkan waktunya untuk menyimak informasi di atas. Semoga, dengan Anda mengetahui apa saja yang menjadi minuman dan makanan pemicu kanker, Anda bisa lebih bijak dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi supaya bisa terhindar dari risiko kanker.

SALAM SEHAT

Leave a Reply