Pantangan Makanan Saat Bisul Agar Cepat Sembuh

Mau bisulnya sembuh dan tidak kambuh-kambuh lagi? Di samping konsumsi obat bisul, Anda juga sebaiknya menghindari pantangan makanan saat bisul agar cepat sembuh.

Makanan memang menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh. Namun, ada kalanya makanan tersebut tidak cocok untuk dikonsumsi saat mengalami kondisi tertentu. Dalam kasus ini adalah bisul.

Pantangan Makanan Saat Bisul

Benarkah telur menjadi penyebab bisul?

Menjaga asupan makanan sangat penting apabila mengingat bisul yang bisa kambuh atau muncul lagi di samping menghidari penyebebab bisul itu sendiri. Lebih baik mencegah, kan, daripada mengobati?

Jika selama ini Anda hanya mengenal telur sebagai makanan penyebab bisulan, maka Anda harus mencari tahu lagi. Pasalnya, tidak hanya telur yang dipercaya dapat memperburuk bisul yang Anda derita.

Masih ada makanan lainnya, lho, yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi dulu supaya bisulnya cepat sembuh.

Penasaran dengan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita bisul agar cepat sembuh? Informasi di bawah ini semoga bisa membantu, ya!

Pantangan Makanan Saat Bisul Agar Cepat Sembuh

Sama halnya dengan jerawat, bisul juga bisa tumbuh pada bagian kulit yang berminyak. Sehingga, folikel rambut akan lebih mudah mengalami infeksi. Maka dari itu, kacang-kacangan menjadi salah satu pantangan makanan saat bisul.

Hal ini tidak lepas dari kandungan lemak nabati dan juga protein yang cukup tinggi dalam kacang-kacangan. Hal ini dapat mempengaruhi produksi minyak di kulit. Sehingga, tidak hanya jerawat, bisul juga menjadi lebih mudah muncul.

Selain itu, makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat bisul lainnya meliputi:

1. Aneka Gorengan

Sama halnya dengan kacang-kacangan, aneka gorengan yang lebih banyak mengandung lemak jenuh ini juga bisa memperburuk bisul yang sedang Anda derita.

2. Seafood

Ikan laut memang mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang bagus untuk tubuh. Kendati demikian, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

Sementara udang, kerang, kepiting, dan lainnya sebaiknya diberhentikan dulu. Apalagi jika Anda memang memiliki alergi dengan makanan jenis ini.

3. Makanan Tinggi Gula

Makanan maupun minuman yang mengandung gula tinggi termasuk pantangan makanan saat bisul yang harus Anda hindari. Baik itu aneka kue, soda, jus buah kemasan, donat, maupun jenis lainnya.

Perlu Anda ketahui, makanan tinggi gula ini bisa menaikan kadar gula darah. Jika terlalu tinggi, gula darah ini bisa merangsang produksi minyak berlebihan.

Nah, itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari dulu. Jika memang sangat ingin, Anda masih boleh memakannya. Hanya saja, dalam porsi yang lebih sedikit.

Selain Menjauhi Pantangan Makanan Saat Bisul, Anda Juga Perlu Melakukan Ini…

Hal lainnya yang juga harus Anda perhatikan selain makanan yang akan Anda konsumsi adalah kebersihan diri. Mandilah secara rutin dan teratur. Usahakan tidak lebih dari 15 menit agar kelembapan kulit Anda terjaga.

Menghindari bisulan

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda dengan sabun setelah menyentuh atau membersihkan bisul yang mulai pecah. Gunakan juga pakaian yang nyaman, yang menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat.

Hindari menggunakan pakaian yang dapat membuat kulit Anda terasa gatal atau alergi, misalnya pakaian berbahan wol.

Segera gunakan obat bisul yang terbukti ampuh agar bisul yang Anda derita semakin cepat sembuhnya. Salah satunya dengan QnC Jelly Gamat yang dibuat dari ekstrak teripang emas yang mampu menyembuhkan luka 3 kali lebih cepat tanpa meninggalkan bekas dengan bantuan kolagen yang mencapai 80%.

Demikianlah informasi mengenai pantangan makanan saat bisul agar cepat sembuh di atas saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh, ya!

Leave a Reply