Penyebab Bisul

Anda sering bisulan? Sembuh terus tidak berapa lama kambuh lagi? Sudahkah Anda mengetahui penyebab bisul itu sendiri?

Sebaiknya Anda mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan bisul. Dengan Anda tahu penyebabnya, Anda bisa melakukan pencegahan agar bisul tidak kembali lagi.

Penyebab Bisul

Bisul pada kelopak mata (Sumber : Google)

Masalahnya, bisul pada kulit ini bisa terjadi secara berulang-ulang jika tidak mendapatkan penanganan dengan benar. Peradangan pada folikel ramut akibat infeksi bakteri ini apalagi bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, terutama di wajah, punggung, ketiak, bokong, dan paha.

Nah, bintitan pada kelopak mata juga sebenarnya termasuk bisul, lho. Karakteristiknya juga sama, yaitu benjolan merah berisi nanah yang terasa sakit, apalagi saat di sentuh.

Penyebab Bisul

Dalam istilah medis, bisul ini dikenal dengan nama furunkel dan karbunkel untuk menyebut bisul yang berukuran besar.

Bakteri Staphylococcus aureus atau streptococcus merupakan penyebab utama bisul. Infeksi terjadi saat bakteri ini mulai masuk kedalam kulit sampai ke folikel rambut melalui luka gores di kulit maupun akibat gigitan serangga.

Selain itu, bakteri pada kulit ini lebih sering menyerang kulit yang kurang bersih. Kebiasaan menggaruk kulit dengan kuku yang kotor juga bisa meningkatkan risiko bakteri tersebut tumbuh di kulit Anda sampai dengan menyebabkan bisul.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena bisul. Diantaranya adalah:

  • Kontak langsung dengan penderita. Hal ini karena bisul juga dapat menular
  • Mengalami masalah kulit, baik itu jerawat maupun penyakit kulit lainnya seperti eksim
  • Sistem kekebalan tubuh lemah, baik kerena menjalani kemoterapi maupun akibat kondisi lainnya, seperti menderita diabetes atau HIV
  • Sering mencabut bulu-bulu di tubuh. Di bagian manapun itu
  • Memiliki alergi, baik terhadap debu, serbuk sari, maupun makanan

Penyebab Bisul Sering Kambuh atau Kembali Lagi

Nah, satu lagi, Anda juga sebaiknya tahu kenapa bisul Anda sering kambuh atau muncul lagi, baik di tempat yang sama maupun di tempat lainnya.

Selain beberapa faktor penyebab bisul di atas belum sepenuhnya bisa teratasi, ada faktor lainnya yang membuat bisul Anda kembali lagi.

Apabila bisul Anda muncul dalam hitungan waktu mingguan setelah bisul Anda sebelumnya sembuh. Besar kemungkinan, penyebabnya adalah bakteri atau kuman dari bisul sebelumnya sudah menyebar.

Penyebab Bisul

Rajinlah membersihkan badan untuk mencegah tumbuhnya bisul

Penyebaran bakteri tersebut bisa terjadi saat Anda membesihkan nanah yang keluar dari bisul tersebut. Nanah tersebut juia tidak dibersihkan dengan benar bisa menyebar ke bagian kulit lainnya. Contohnya begini:

Ketika tangan Anda tersentuh nanah dari bisul yang pecah, kemudian Anda lupa atau tidak langsung mencuci tangan, maka bagian kulit lain yang tersentuh tangan yang tidak di cuci tersebut dapat terkontaminasi bakteri penyebab bisul. Sehingga, bisul bisa muncul lagi, lagi, dan lagi.

Maka dari itu, bersihkanlah bisul Anda dengan benar dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya. Anda juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan kulit atau tubuh secara keseluruhan. Jangan malas mandi. Jangan sembarangan mencabuti bulu-bulu.

Demikianlah informasi mengenai penyebab bisul di atas kami sampaikan. Semoga, informasi kesehatan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari bisul, ya…

Supported Post : Obat Bisul Alami

One Comment

Leave a Reply