Penyebab Penyakit Kencing Manis yang Sebaiknya Anda Tahu

Apakah kencing manis bisa dicegah? Tentu saja. Tapi, sebelumnya Anda harus tahu dulu faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit kencing manis atau diabetes melitus tipe 2 itu sendiri.

Dengan Anda mengetahui penyebab dan juga faktor pemicunya, Anda bisa dengan mudah menghindari faktor-faktor tersebut sebagai upaya pencegahan.

Penyebab Penyakit Kencing Manis

Jadi, apakah Anda sudah tahu apa saja yang bisa menyebabkan Anda memiliki risiko lebih tinggi daripada orang lain untuk menderita penyakit kencing manis?

Belum tahu? Tidak usah cemas. Sekarang saya akan memberikan informasi mengenai penyebab kencing manis setelah sebelumnya saya membahas mengenai cara mencegah komplikasi kencing manis.

Inilah Beberapa Penyebab Penyakit Kencing Manis dan Faktor Risikonya yang Sebaiknya Anda Tahu

Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadi pemicu dan penyebab dari penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Yang pertama adalah memiliki faktor genetik atau keturunan. Apabila salah satu atau beberapa anggota keluarga Anda ada yang pernah atau sedang menderita penyakit ini, maka Anda memiliki risiko 6 kali lipat lebih tinggi untuk menderita kencing manis juga.

Faktor penyebab yang satu ini memang tidak bisa dihindari. Tapi, masih bisa diminimalisir dengan cara mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, diantaranya:

  • Rutin melakukan medical check-up, termasuk memeriksakan kadar gula darah, kolesterol dan juga tekanan darah Anda
  • Rajin berolahraga 3-4 kali seminggu. Tidak perlu yang berat, yang ringan juga bisa, misalnya bersepeda, berjalan kaki, jalan cepat, berenang, jogging atau berlari
  • Menjaga asupan makanan Anda. Pastikan Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah
  • Menghindari konsumsi makanan tinggi gula maupun garam
  • Mengganti cemilan Anda dengan makanan yang lebih sehat
  • Istirahat cukup dan menghindari stres

Selain faktor genetik, penyebab penyakit kencing manis lainnya meliputi:

1) Berat badan yang berlebihan (obesitas). Beberapa ahli mengatakan, jika semakin banyak jaringan lemak yang Anda miliki, semakin banyak pula sel Anda yang menolak tugas insulin untuk memasukkan gula darah ke dalam jaringan tubuh

2) Pasif atau jarang bergerak. Anda yang lebih banyak diam dan menghabiskan waktu hanya untuk menatap layar gadget juga memiliki risiko yang tinggi untuk menderita penyakit kencing manis, lho.

3) Usia. Meskipun penyakit kencing manis bisa terjadi pada usia berapa pun, pertambahan usia yang dapat mempengaruhi aktivitas fisik, masa otot, dan berat badan dapat meningkatkan risiko menderita kencing manis atau diabetes tipe 2.

4) Memiliki PCOS atau sindrom ovarium polikistik. Wanita dengan penyakit tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kencing manis dibandingkan dengan wanita lainnya tanpa PCOS.

5) Pernah mengalami diabetes gestasional atau penyakit kencing manis saat hamil juga memiliki risiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk menderita penyakit kencing manis dikemudian hari.

6) Tekanan darah tinggi. Mungkin terdengar tidak meyakinkan. Namun, faktanya tekanan darah lebih dari 140/920 mmHg dapat berpengaruh pada peningkatan risiko terkena penyakit kencing manis.

7) Kolesterol LDL dan trigliserida tinggi. Jika tidka mau terkena penyakit kencing manis, Anda juga harus memperhatikan kadar kolesterol LDL maupun trigliserida Anda. Karena, orang dengan tingkat trigliserida atau kolesterol tinggi memiliki risiko yang tinggi terkena penyakit kencing manis.

Penyebab Penyakit Kencing Manis

8) Terlalu banyak asupan gula atau makanan manis juga dapat memicu penyakit kencing manis, lho. Jadi, Anda sebaiknya mengurangi asupan makanan manis, ya, apalagi yang mengandung pemanis buatan.

Baca Juga : Cara Mengobati Kencing Manis Secara Alami

Nah, itulah beberapa faktor risiko dan juga penyebab penyakit kencing manis yang harus Anda hindari supaya terhindar dari penyakit yang berjuluk ‘the silent killer’ karena bisa membunuh penderitanya secara perlahan.

Jangan patah semangat, ya! Tetap berusaha dan semoga lekas sembuh 🙂

Supported Web : www.obattradisionalhipertensi.net

Leave a Reply