Penyebab Radang Sendi dan Beberapa Faktor Risikonya

Bukan hanya orang tua, anak muda pun sekarang berisiko terkena radang sendi. Maka dari itu, tahu penyebab radang sendi dan juga beberapa faktor risikonya dapat membantu Anda terhindar dari penyakit sendi ini.

Memang benar jika kebanyakan penderita radang sendi adalah orang dewasa dan lansia. Namun, belakangan banyak juga kasus radang sendi yang terjadi pada usia muda, di bawah 30 tahun.

Penyebab radang sendi

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, gaya hidup menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya radang sendi pada usia muda.

Gaya hidup kurang sehat, seperti pola makan yang tida teratur serta tidak menjaga asupan makanan yang dikonsumsi berpotensi memicu terjadinya obesitas.

Nah, obesitas sendiri dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena radang sendi. Pasalnya, persendian pada bagian kaki Anda, khususnya lutut mendapatkan beban yang lebih berat. Sehingga, ketika gesekan yang terjadi secara terus menurus berpotensi menyebabkan tulang rawan aus.

Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan, ada baiknya Anda mulai berusaha untuk menurunkan berat badan untuk menekan risiko terkena radang sendi. Menjaga pola makan untuk penderita radang sendi dan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi menjadi langkah awal yang baik.

Penyebab Radang Sendi

Selain gaya hidup, masih ada beberapa faktor penyebab radang sendi yang juga perlu Anda tahu untuk mengoptimalkan hasil dari upaya pencegahan yang Anda lakukan.

Nah, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan radang sendi lainnya meliputi:

  • Kurang olahraga

Kurang olahraga ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami radang sendi. Hal ini diungkapkan oleh Dr.Chin Pak Lin, dari Mt.Elizabeth Novena Hospital.

  • Olahraga berlebihan

Masih menurut Dr.Chin Pak Lin, dari Mt.Elizabeth Novena Hospital, olahraga yang dilakukan secara berlebihan juga tidak bagus. Sama-sama dapat meningkatkan risiko untuk terkena radang sendi dan membuat tulang rawan menipis.

  • Infeksi

Peradangan yang terjadi pada sendi juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun jamur yang menyerang persendian Anda. Umumnya, infeksi yang terjadi pada sendi berasal dari bagian tubuh lain.

  • Kelainan sistem imune (kekebalan tubuh)

Normalnya, sistem imune akan melindungi tubuh dan melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun, pada kondisi terntentu, sistem imun justru salah mengenali sel sehat sebagai ancaman.

Pun pada bagian persendian. Radang sendi akibat kelainan sistem imune ini lebih banyak terjadi pada penderita sakit lupus SLE.

  • Cedera

Cedera yang terjadi pada persendian, entah karena terjatuh, atau ketika melakukan kegiatan olahraga juga dapat memicu terjadinya radang sendi apabila tidak mendapatkan penanganan dengan benar.

  • Faktor keturunan

Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit radang sendi juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena radang sendi. Kendati demikian, Anda bisa mencegahnya dengan perilaku hidup sehat.

Selain itu, penyakit radang sendi juga bisa menjadi bagian dari komplikasi penyakit lain. Agar terhindar dari risiko terkena penyakit ini, ada baiknya Anda mulai mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.


 

REKOMENDASI PENGOBATAN

GAMAT EMAS KAPSUL (WG-EK) SOLUSI YANG TEPAT UNTUK MENGATASI KELUHAN RADANG SENDI ANDA SAMPAI TUNTAS DENGAN KEMAMPUAN PENGOBATAN 3 KALI LEBIH CEPAT

Solusi Mengatasi Radang Sendi

Leave a Reply